Jul 7, 2010

Cara Membuat Animasi Flash dengan SwishMax 3 pada Blogspot

Hi, Teman Blogger yang ingin belajar membuat Design Animasi Banner, Teks, dll sebagainya kita bisa mendesingn dengan menggunakan SwishMax3. Saya ingin menshare kepada anda tentang cara membuat teks animasiny saja selebihnya anda dpt belajar sendiri bagaimana cara membuat logo, banner, dan klo anda mampu membuat template website animasi juga bisa dengan swishmax, Oklah Klo beg beg gitu mari kita belajar bersama membuat banner teks animasi flash. Yang pertama harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi SwishMax3 bisa anda download yang trial punya untuk belajar dah bisalah. Silakan anda sedot disini.
Install SwishMax 3 di Komputer saudara N jangan lupa saat memasukkan emailnya harus valid karna code aktivasiny akan dikirim ke email anda terus anda copy-paste code tersebut kedalam kotak box SwishMax dan klik continue. Stlah install swish selesai Anda bukalah programnya , nah sekarang ayuuukk….kita buat banner animasi.
Langkah2nya :
1. Klik File → New
Setelah terbuka Lembaran kerjanya, sekarang liat di sidebar kanan anda Klik Movie Propertis, kemudian atur ukuran banner yang anda ingin. Contoh dibawah saya atur sesuai dengean Banner Header Blog saya W = 740px dan H = 60px
Klik Ok
2. Insert Gambar Background untuk latar
Siapkan Gambar Backgroun
d dengan ukuran Width 740px Height 60px,
Untuk memasukkan gambar dari Drive, klik Insert Import Image, aturkan posisi gambar sesuai dengan ukuran latar background setelah merasa sudah pas anda klik kanan mouse pada gambar pilih Convert → Convert to movie clip ( ini untuk membuat gambar menjadi movie).
Sekarang kita masukkan Teks, caranya klik symbol Text Tool yg ada di sidebar kiri, letakkan kursor di atas gambar background, Ketik Teksnya “ Selamat Datang di Blog-iboy.blogspot.com”. Liat Gambar dibawah :
Sekarang kita buat animasi teksnya, caranya klik di teks;
Klik Insert → effect → Appear into position → pilih animasi yg anda suka klo saya pake animasi Typewriter-slow. Ok selesai sudah pembuatan Teks Animasi sekarang simpan dalam ektensi .swf. Klik File → Export → SWF.
Ini adalah cara yang sangat mudah dilakukan oleh newbie, saya harap anda bisa mendesign lebih bagus dari saya.
3. Nah, sekarang bagaimana cara memasukkan ke dalam Blogger?
Caranya anda harus daftar dulu dech di http://www.sites.google.com yang menyediakan hosting gratis dengan support plash., setelah sukses mendaftar cari yang namanya Attachments dan upload flash yang telah kita buat tadi tunggu sampai proses uplod selesai. Dan jangan lupa copy link URL dengan cara klik view dan copy-paste ke dalam script dibawah:
<div align="center"><embed pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" src="URL file swf " type="application/x-shockwave-flash" wmode="transparent" width="740" height="60"></embed></div>
Catatan :
  • Yang berwarna biru pastekan link URL tempat anda menyimpan file swf.
  • Yang berwarna merah aturkan ukuran sesuai dengan blog anda.  
Sekarang Masuk ke blogspot anda,
      1. Klik Disign / Layout.
      2. Page Elements.
      3. Add a Gadget.
      4. Pilih HTML/Javascript.
      5. Pastekan Code Script diatas dalam HTML/javascript.
      6. Save.
    Ok dech sekian dulu dari saya agar bermanfaat untuk anda…….

    1 komentar:

    Anonymous said...

    Thank Gan

    Translate to :

    Translate by Google.

    English US French German Spanish Brazil Japanese Korean Philippines Vietnam Malaysia Thailand Romania Ukraine Hindi Arabic Turkish Taiwan Serbian Italian Croatian Bulgarian Russian Albanian

    Search This Blog